Pengertian Etika & Moral




Apa pengertian moral ?
Pengerian moral dari wikipedia cukup sederhana,moral yaitu mengenai atau berhubungan dengan apa yang benar dan salah dalam perilaku manusia; dianggap benar dan baik oleh kebanyakan orang: sesuai dengan standar perilaku yang tepat pada kelompok atau masyarakat tersebut. Moral adalah pesan yang disampaikan atau pelajaran yang bisa dipetik dari kisah atau peristiwa. 
            Jadi menurut saya “Moral adalah suatu keyakinan tentang benar salah, baik dan buruk, yang sesuai dengan kesepakatan sosial, yang mendasari tindakan ataupun pemikiran”                              Moral berhubungan dengan benar salah, baik buruk, keyakinan, diri sendiri dan lingkungan sosial
Apa pengertian etika ?
Istilah etika secara etimologis berasal dari bahasa Yunani, etos artinya kebiasaan (costum), adat. Istilah etika pertama kali  dalam sejarah yang tertulis diperkenalkan oleh filsuf Yunani, Aristoteles melalui karyanya yang berjudul Etika Nicomachiea. Buku tersebut berisikan tentang ukuran ukuran perbuatan. 
Ditinjau dari sudut asal katanya, etika adalah studi terhadap kebiasaan manusia. Dalam perkembangannya, studi etika tidak hanya membahas kebiasaan yang semata mata berdasarkan sebuah tata cara (manners), melainkan membahas kebiasaan (adat) yang berdasarkan pada sesuatu yang melekat pada kodrat manusia. Sehingga dapat dikatakan bahwa yang hendak diketahui dengan penyelidikan oleh etika itu sendiri adalah kebiasaan kebiasaan dalam arti moral atau kesusilaan. Oleh karena itu, etika sering diartikan sebagai studi tentang yang benar atau salah (right and wrong) dalam tingkah laku manusia.
Jadi menurut saya “etika adalah aturan atau pola tingkah laku yang dihasilkan oleh akal manusia. Maka etika lebih merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan upaya menentukan perbuatan yang dilakukan manusia untuk dikatan baik atau buruk.”

Etika dan moral dalam lingkungan mahasiswa
Mahasiswa adalah sekumpulan manusia intelektual yang akan bermetamorfosa menjadi penerus tombak estafet pembangunan di setiap negara, dengan itelegensinya diharapkan bisa mendobrak pilar-pilar kehampaan suatu negara dalam mencari kesempurnaan kehidupan berbangsa dan bernegara, serta secara moril akan dituntut tanggung jawab akdemisnya dalam menghasilkan buah karya yang berguna bagi kehidupan lingkungan.
Adapun peran mahasiswa dalam lingkungan kampus yakni,
  • Menciptakan kehidupan ilmiah yang kondusif dalam kampus
  • Menjunjung tinggi nilai ilmiah
  • Hubungan yang kondusif dengan dosen dan karyawan
  • Mengetahui, memahami dan melaksanakan peraturan-peraturan yang berlaku di kampus
  • Kembangkan gairah membaca, menulis dan menggunakan komputer dengan bersikap
perilaku positif
  • Bersedia menerima sanksi yang ditetapkan atas pelanggaran terhadap peraturan kampus
  • Memiliki target-target pribadi sambil mengintrospeksi diri
  • Kooperatif kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan kelompok di kampus
  • Melaksanakan tugas-tugas yang sifatnya divergen: berdiskusi, mengerjakan tugas-tugas dari dosen
  • Menjaga keutuhan peralatan media belajar
  • Kebersihan dan keindahan kampus
Etika dan moral dalam lingkungan masyarakat
  • Kita hidup dalam masyarakat yang makin pluralistis, dan dihadapkan dengan sekian banyak pandangan moral yang seringkali bertentangan.
  • Kita hidup dalam masa transformasi masyarakat yang tanpa tanding. Transformasi ekonomi, intelektual dan budaya, yang menantang budaya tradisional. Dalam situasi ini, etika membantu agar kita tidak kehilangan orientasi.
  • Banyaknya tawaran ideologi sebagai penyelamat. Etika membantu kita agar sanggup menghadapi ideologi-ideologi itu dengan kritis dan obyektif dan membentuk penilaian sendiri agar tidak mudah terpancing.

Komentar

Postingan Populer